.........................................................................................

Jumat, 09 November 2007

TeNtaRa LaNgiit...











Pertama
, ialah bintang-bintang yang tampak malam hari, menghiasi langit, menerangi bumi. Bintang-bintang itu kelihatan dan menghilang pada waktu-waktu tertentu yang menuruti dan tunduk kepda perintah TUHAN yang bertakhta diatas bentangan langit (lihat Mazmur 33:6; Yesaya 40:26; 45:12; Yeremia 33:22; Nehemia 9:6).
Kedua
, sebutan itu diberi arti "tentara Surga" (1 Raja 22:19; 2 Tawarikh 18:18; Lukas 2:13), yang dimaksud ialah para malaiakt.
Ketiga, istilah "tentara langit" seringkali dijadikan objek-objek penyembahan berhala yang dihubungkan dengan dewa-dewa, Baal dan kultus kafir lainnya. Perjanjian Lama (PL) mengecam keras dan menentang segala bentuk ibadah yang ditujukan kepada tentara langit itu (umpamanya bintang-bintang, rembulan, matahari dsb.) Dalam arti yang ketiga inilah Yesaya 24:21 menyebutkan bahwa "tentara langit" itu akan dihukum oleh TUHAN, bersama-sama para raja yang diatas bumi (lihat Yesaya 34:4) yang telah memberontak kepada TUHAN. Bintang-bintang – penyembah berhala – para raja di dunia yang durhaka, semuanya akan terkena hukuman TUHAN. Mereka akan dimasukkan ke penjara dalam waktu yang lama (Yesaya 24:22).

Tidak ada komentar: